Mengenal Jenis Latihan di tempat fitnes (Gym)

Mengenal Jenis Latihan di tempat fitnes (Gym)

       Mungkin ada dari kalian yang sudah ikut fitnes atau ngegym bertahun-tahun dan ada juga yang baru mulai atau berencana ikut salah satu gym. Ada baiknya kamu tahu apa saja jenis latihan yang ada supaya tujuan kamu ngegym tidak meleset dan latihan yang kamu lakukan sesuai dengan tubuhmu.

Ada 4 jenis latihan yang bisa dilakukan di tempat fitnes :

  1. Latihan daya tahan (endurance)

Latihan ini untuk meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru dan peredaran darah. Contoh latihan : aerobik, RPM dan jogging.

  1. Kekuatan (strength)

Latihan ini berpusat pada kekuatan otot. Contohnya angkat beban/weight training.

  1. Keseimbangan (balance)

Latihan untuk melatih keseimbangan tubuh. Contohnya body balance.

  1. Fleksibilitas (flexibility)

Latihan untuk kelenturan tubuh. Contohnya yoga, pilates.

 

Dari keempatnya yang paling dominan adalah strength/weight training.

Ada 4 jenis weight training berdasarkan fungsinya :

  1. Body Building

Tujuan dari body bulding adalah memperbesar otot. Latihan dilakukan dalam 8-12 hitungan repetisi. Jika dibandingkan, otot yang terbentuk tidak sekuat power lifting karena yang menjadi tujuan adalah bentuk otot yang besar bukan kekuatan.

  1. Power lifting

Tujuan dari power lifting adalah kekuatan. Latihan dilakukan dalam sedikit hitungan dengan beban yang luar biasa berat. Yang dikejar adalah memaksimalkan kekuatan otot bukan memperbesar atau membentuk otot.

  1. Circuit Training

Tujuan dari latihan ini adalah membakar lemak, meningkatkan daya tahan dan meningkatkan sedikit kekuatan otot. Latihan dilakukan dengan mengangkat beban yang ringan atau tidak terlalu berat dalam banyak hitungan repetisi. Dan setiap pergantian set dari beberapa gerakan dilakukan dengan atau tanpa istirahat. Contoh 20x squats dan 20 bench presses dilakukan dengan sedikit atau tanpa istirahat diantara set.

  1. Isometric

Latihan dilakukan dengan mengangkat beban dan menahan satu posisi tubuh dalam beberapa detik. Contohnya merentangkan tangan kedepan dan menahan beban dumbbell selama beberapa detik. Latihan ini tujuannya untuk meningkatkan stamina dan kekuatan pada otot yang digunakan untuk menahan posisi tertentu. Latihan ini biasanya dilakukan oleh pemanjat tebing dan pesenam yang harus menahan posisi tubuhnya.

  1. High volume training

Latihan ini hampir sama dengan body building, bedanya latihan beberapa bagian otot hanya dilakukan seminggu sekali dengan hitungan dan set yang sama untuk setiap bagian otot. Dan setiap minggu beban ditambahkan sedikit untuk menaikkan kekuatan otot. Latihan ini tidak hanya memperbesar otot tetapi juga menaikkan daya tahan otot dalam jangka waktu panjang.

 

Tujuan utama dari ngegym adalah untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Tetapi disamping itu ngegym juga meningkatkan stamina tubuh menjadi lebih baik, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kepercayaan diri, menghindari insomnia, meningkatkan performa kerja, mencegah dan mengontrol obesitas dan penyakit lainnya seperti diabetes, jantung, depresi dan lainnya. Bagi wanita, juga bisa meningkatkan kepadatan tulang dan menghindari osteoporosis (tulang rapuh).

 

Referensi

http://www.livestrong.com/article/509759-5-types-of-weight-training/

http://www.betterhealth.vic.gov.au/bhcv2/bhcarticles.nsf/pages/Resistance_training_the_health_benefits?open

https://go4life.nia.nih.gov/4-types-exercise

53 Comments

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code